Mari Menulis


USU Press
Art Design, Publishing & Printing Gedung F
Jl. Universitas No. 9 Kampus USU
Medan, Indonesia
© USU Press 2014
Hak cipta dilindungi oleh
undang-undang; dilarang memperbanyak, menyalin, merekam seluruh bagian buku ini
dalam bahasa atau bentuk apapun tanpa izin tertulis dari penerbit.
ISBN 979 458
Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Tata Tulis Laporan / Pantas Simanjuntak – Medan: USU Press, 2014.
e-mail: s_pantas@yahoo.co.id
Pembelajaran
Modern melalui Peer-Group
Buku
Ajar Tata Tulis Laporan disusun dengan berorientasi kepada sasaran belajar yang
telah dirumuskan pada setiap topik bahan ajar. Keseluruhan materi dalam buku ajar ini sebaiknya dijadwalkan seefektip
mungkin, dimana setiap topik dapat diselesaikan tepat waktu. Selain ketepatan
waktu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah optimalisasi pencapaian sasaran
belajar yang telah digariskan pada bagian awal dari setiap topik.
Setiap
pembelajar harus meyakinkan bahwa pada setiap akhir pembahasan topik, dapat
mencapai sasaran yang digariskan. Hal
ini akan dievaluasi pada setiap akhir topik untuk mengetahui capaian pembelajaran.
Pembahasan
materi disarankan dengan pengantar materi yang kemudian diikuti dengan
keterlibatan mahasiswa dalam kelompok belajar (peer group) melalui brain-storming,
Tanya jawab, diskusi kelompok, studi kasus, maupun observasi, untuk menciptakan
atmosfir belajar berupa Student Oriented atau Student Active Learning. Ketua kelompok
berperan sebagai motivator, director,
untuk pemecahan masalah pada saat mahasiswa menemukan permasalahan. 

Pada
bagian akhir dari setiap topik, diadakan evaluasi untuk mengukur penguasaan pembelajar
atas materi yang telah dibahas. Media evaluasi diacu dari sasaran pembelajaran
(performance indicator) pada
masing-masing bab. Namun yang pasti adalah bahwa evaluasi yang dilaksanakan
harus berfungsi sebagai “alat ukur”; apakah performa yang telah ditetapkan pada
bagian awal setiap topik; yaitu sasaran
belajar telah tercapai.
Dengan
penggunaan buku ajar ini secara tepat dan konsisten sesuai petunjuk dan alur
materi, maka diharapkan bahan ini dapat membantu pencapaian sasaran yang telah
digariskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar